Senin, 03 Desember 2012

KASIH YANG TAK PUDAR

Yohanes 3:16 ; 2 Korintus 12:15.

Hari Natal mulai mendekat, tetapi aku menunda untuk memasang pohon Natal, karena ini merupakan Natal pertama tanpa anakku. Dia telah berada bersama Tuhan beberapa bulan yang lalu akibat kanker darah yang dia derita. Selama sakitnya, diaselalu berkata supaya aku tidak sedih kalau dia meninggal. Aku berjanji untuk
berusaha keras supaya tidak bersedih. Namun, tetap saja aku merasa terpukul,  karena dia selalu bisa membuat suasana berbeda disetiap Hari Natal. Jadi, ketika Natal pertama yang tanpa dia mendekat, aku memutuskan untuk tidak memasang pohon Natal. Namun, dua hari sebelum Hari Natal, aku merasa ada sesuatu yang mendorong didalam hatiku untuk memasang pohon Natal. Maka aku mengubah keputusan itu dan bertekat untuk memasang pohon Natal. Ketika mulai menghiasnya, aku merasa sangat sedih karena anakku tidak ada disana bersamaku. Aku mencoba untuk tidak menangis. Aku mendatangi kotak kecil yang kusimpan setelah Natal tahun lalu lewat. Kotak kecil itu berisi sebuah perhiasan sederhana yang diberikan anakku. Waktu itu, dia berkata, “Ibu, aku berharap bisa memberikan sesuatu yang lebih dari ini, tetapi aku tidak punya uang.”  Aku memberinya ciuman dikeningnya dan berkata. “Terima kasih. Ibu mengerti, Nak.” Kubuka kembali kotak kecil itu, mengambil hiasa dari dalamnya dan memasangnya di pohon Natal itu. Teringat kembali bagaimana setahun yang lalu anakku naik di bahuku dan tangan lembutnya yang memasang hiasan itu di pohon Natal. Ketika itu aku mencium bau tak sedap dari tubuhnya karena dia berkeringat, tetapi aku tidak menghiraukannya karena aku mengasihinya. Ternyata itu menjadi  Natal terakhir dia bersamaku. Sekarang dia tidak ada lagi, tetapi kasihnya masih tetap bersamaku. Akupun tetap mengasihinya walau hanya bisa kuwujudkan didalam angan-angan yang tidak akan pernah menjadi kenyataan. Hiasan Natal itu akan selalu menjadi bukti akan kasih kami yang tak pernah pudar.

Bagaimana seseorang bisa memiliki kasih yang tidak pernah pudar? Yaitu ketika dia menyadari kasihnya dengan ketulusan. Ketulusan akan membuat kasihnya nyata setiap waktu, dan dia akan menunjukkannya dengan memberikan yang terbaik bagi yang dia kasihi. Tuhan telah memberikan contoh tentang kasih yang didasari dengan ketulusan. Natal adalah wujudnya. Dia berbuat yang terbaik bagi manusia. Bahkan ketika manusia menolakNya. Dia tetap menunjukkan kasihNya itu. KasihNya tidak pudar hanya karena sikap tidak benar dari manusia. Sebagai orang percaya, kita harus memiliki kasih yang seperti itu kepada sesama. Untuk mengetahui apakah kita mempunyai kasih yang didasari ketulusan atau tidak, adalah apakah kita berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi yang kita kasihi atau tidak. Memberikan yang terbaik tidak harus mahal, dan tidak harus mewah. Kiranya di Hari Natal ini kita bisa menunjukkan kasih yang tidak pudar oleh masalah apapun.

DOA:
Tuhan, sebagaimana Engkau sudah membrikan kasihMu yang tidak pudar itu, demikian juga kiranya aku dimampukan untuk meneladaniMu. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

Sumber: Mansor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KATEGORI

admin (28) ARTIKEL (10) FOTO (6) GAMBAR (14) GIZI untuk ROHANI (36) HP (4) HUMOR (8) KARTU UCAPAN (8) KEGIATAN (7) KESEHATAN (19) KHOTBAH (12) Lagu Rohani Kristen (11) MOTIVASI (25) NATAL (30) PASKAH (1) PELAYAN TUHAN (8) PENGETAHUAN (70) POTRET (2) RENUNGAN (73) software (9) TABERNAKEL (18) TIPS (5) Youth (56)

Arsip Blog