Senin, 20 April 2020

IRI HATI ITU MERUGIKAN

RENUNGAN MARANATHA FAMILY 

IRI HATI ITU MERUGIKAN


Bacaan :
Yak 3 : 16 :Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat

Iri hati, Setiap manusia ada potensi untuk terjebak di dalamnya. Menurut wikipedia.com Iri hati (bahasa Inggrisenvybahasa Latininvidia), terkadang disebut juga dengki atau hasad, adalah suatu emosi yang timbul ketika seseorang yang tidak memiliki suatu keunggulan—baik prestasikekuasaan, atau lainnya—menginginkan yang tidak dimilikinya itu, atau mengharapkan orang lain yang memilikinya agar kehilangannya.

Yakobus dipakai Tuhan untuk mengingatkan kepada kita semua bahaya dari iri hati. secara jelas Yakobus nyatakan bahwa ketika ada iri hati disitu ada kekacauan dan kejahatan. seorang yang dikuasai rasa iri/cemburu bisa berbuat apa saja bahkan cenderung melakukan kejahatan. Alkitab mencatat pembunuhan pertama yg terjadi di muka bumi ini dilakukan oleh seorang kakak kepada adiknya karena si kakak iri melihat persembahan adiknya diterima sedangnya dirinya tidak (baca Kejadian 4:1-8).

Raja Saulpun hendak membunuh Daud  karena iri, dia dibandingkan dengan Daud yang notabene adalah prajuritnya. (1 Sam 18:7-9). Yusufpun dibenci oleh saudara-saudaranya karena mereka iri dengan apa yang diperoleh oleh Yusuf. Bahkan Tuhan Yesus difinah dan diserahkan untuk disalib karena orang-orang Yahudi iri dengan apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus (Mat 27:18).


Oleh karena itu 
Sifat iri hati harus disingkirkan dari karakter hidup kita. Iri hati akan membuat orang berpusat pada diri sendiri. Iri hati dan sifat mementingkan diri sendiri itu berdekatan. Rasul Petrus menasihatkan, "Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah." (1 Petrus 2:1). Jangan berikan tempat iri hati di dalam hatimu. Tetapi milikilah kasih yang sejati. Sebab "kasih tidak mencari keuntungan diri sendiri." (1 Korintus 13:5).

Doa hari ini : Ajar kami Tuhan untuk memiliki hati yang tidak mementingkan diri sendiri dan buanglah sikap iri hati dalam kehidupan kami, sehingga kami bisa saling mendukung satu dengan yang lainnya.

IRI HATI AKAN MEMBAWA MANUSIA TERJEBAK DI DALAM DOSA-DOSA LAINNYA

TUHAN YESUS MEMBERKATI
(dk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KATEGORI

admin (28) ARTIKEL (10) FOTO (6) GAMBAR (14) GIZI untuk ROHANI (36) HP (4) HUMOR (8) KARTU UCAPAN (8) KEGIATAN (7) KESEHATAN (19) KHOTBAH (12) Lagu Rohani Kristen (11) MOTIVASI (25) NATAL (30) PASKAH (1) PELAYAN TUHAN (8) PENGETAHUAN (70) POTRET (2) RENUNGAN (73) software (9) TABERNAKEL (18) TIPS (5) Youth (56)

Arsip Blog