Kamis, 26 September 2013

UMAMI

ilustrasi : mencicipi makanan
UMAMI. Anda pasti sering mendengar kata ini di tayangan iklan penyedap rasa. Ketahui apa sebenarnya umami dan darimana umami berasal.

Umami bukan sekadar tren, namun ini adalah sebuah fakta ilmiah. Lidah kita dapat merasakan empat rasa dasar, yakni asin, manis, asam, dan pahit, tapi pada pertengahan abad ke-19, seorang kimiawan dan penggila makanan asal Jepang, Kikunae Ikeda, menemukan rasa baru, yang kemudian disebut "umami", seperti diulas Sheknows:

Darimana umami berasal?Umami berasal dari bahasa Jepang yang berarti "yummy" atau "rasa menyenangkan dan gurih”. Penjelasan ini belum secara spesifik. Umami adalah bagaimana lidah merasakan nukleotida dan glutamat.

Umami diciptakan oleh makanan yang mengandung asam amino yang disebut glutamat, dan/atau dua nukleotida, guanylate, dan inosinate. Umami ada banyak jenis karena terbentuk dari pencampuran beberapa bahan kimia.

Manusia mendambakan rasa umami. Ada alasan biologis yang sangat baik mengapa manusia menginginkan rasa umami. Cairan ketuban dan ASI yang mengandung bahan kimia tinggi menyebabkan rasa umami.

Rasa umami yang paling terkenal berasal dari monosodium glutamat (MSG), yang diciptakan oleh Ikeda ketika membuat kesalahan pada makanan hingga membentuk berbagai komponen untuk mengisolasi umami. Kita tahu bahwa terlalu banyak MSG tidak baik untuk kesehatan, tapi rasa umami seperti pada MSG memang membuat makanan terasa lebih enak. Oleh karena itu, Anda perlu tahu seperti apa rasa umami sebenarnya.

Seperti apa rasa umami?Pada intinya, umami adalah rasa gurih, seperti apa yang sering digambarkan oleh banyak orang. Memang, masih sulit untuk mengidentifikasi rasa umami jika tidak tahu apa yang sedang Anda cari.

Umami adalah rasa lezat sama seperti Anda menyantap steak atau stuff jamur yang gurih. Rasa ini melapisi lidah dan biasanya terasa agak ringan. Sulit membandingkan rasa umami sendiri, mungkin Anda perlu perbandingan dengan menyantap hidangan rasa lain.

Untuk memahami umami, cobalah membayangkan rasa kecap asin. Kecap asin tidak hanya terbuat dari garam. Karena jika hanya terasa asin, mengapa tidak menggunakan garam saja pada beberapa hidangan yang membutuhkan kecap asin, seperti sushi atau bubur ayam? Umami bukan hanya rasa asin dari garam, sedangkan kecap asin terbuat dari fermentasi kacang kedelai yang kaya rasa dan mengandung rasa kaldu gurih

sumber : www.okefood.com

1 komentar:

KATEGORI

admin (28) ARTIKEL (10) FOTO (6) GAMBAR (14) GIZI untuk ROHANI (36) HP (4) HUMOR (8) KARTU UCAPAN (8) KEGIATAN (7) KESEHATAN (19) KHOTBAH (12) Lagu Rohani Kristen (11) MOTIVASI (25) NATAL (30) PASKAH (1) PELAYAN TUHAN (8) PENGETAHUAN (70) POTRET (2) RENUNGAN (73) software (9) TABERNAKEL (18) TIPS (5) Youth (56)

Arsip Blog